Rekrutmen CPNS Kemdikbudristek Tahun 2023, Sebanyak 16,102 Formasi

Sedang Trending 9 bulan yang lalu
Rekrutmen CPNS Kemdikbudristek Tahun 2023, Sebanyak 16,102 Formasi
Info cpns Kemdikbudristek Tahun 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) adalah salah satu kementerian nan mempunyai peran strategis dalam perkembangan Indonesia. Kemdikbudristek bekerja untuk mengawasi dan mendorong transformasi dalam sektor pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di negara ini.

Kemdikbudristek berkedudukan krusial dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Mereka bertanggung jawab atas pengembangan kurikulum, peningkatan mutu pendidikan, dan pendidikan tinggi. Salah satu konsentrasi utama adalah mempersiapkan generasi muda Indonesia agar mempunyai kualifikasi dan keahlian nan relevan dengan tuntutan zaman.

Dilansir dari laman resminya, Dibuka Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk tahun anggaran 2023. Kesempatan emas ini membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia nan berkeinginan untuk berasosiasi sebagai CPNS di lingkungan Kemdikbudristek dengan total 16,102 susunan nan tersedia.

Pada tahun 2023, Kemdikbudristek menetapkan alokasi kebutuhan kedudukan CPNS sebanyak 16,102 formasi, terutama untuk kedudukan Dosen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Rincian alokasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Asisten Ahli – Dosen: 13,440 formasi
  • Lektor – Dosen: 2,662 formasi

Detail unit kerja, persyaratan jabatan, kualifikasi pendidikan, jumlah kebutuhan, serta rencana penempatan dapat ditemukan dalam lampiran pengumuman resmi di situs resmi Kemdikbudristek.

Tahapan Seleksi

Seleksi CPNS Kemdikbudristek tahun 2023 bakal dilaksanakan melalui tiga tahapan utama:

  1. Seleksi Administrasi: Tahap pertama bakal dilakukan untuk pelamar nan memenuhi persyaratan tata langkah pendaftaran.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Tahap ini bakal menguji pelamar nan telah lulus seleksi administrasi. SKD bakal menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN, mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Bagi pelamar nan sukses melewati SKD dan masuk dalam tiga ranking terbaik untuk kedudukan nan dilamar, bakal mengikuti SKB. SKB untuk kedudukan Dosen juga bakal menggunakan sistem CAT BKN, dengan materi meliputi Etika dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran dan Pemecahan Masalah, serta Dimensi Psikologi. Tambahan SKB berupa Wawancara dan Praktik Mengajar/Microteaching juga bakal diberikan.

Persyaratan Umum

Untuk menjadi CPNS di Kemdikbudristek, Peserta kudu memenuhi persyaratan umum berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) nan alim kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Usia nan memenuhi ketentuan berasas jenjang pendidikan.
  • Kondisi jasmani dan rohani nan sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.
  • Tidak menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, alias unsur adiktif lainnya.
  • Catatan perilaku baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun alias lebih berasas putusan pengadilan nan sudah mempunyai kekuatan norma tetap.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, personil Polri, alias pegawai swasta.
  • Tidak berdomisili sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, alias personil Polri.
  • Tidak menjadi personil alias pengurus partai politik alias terlibat dalam politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia alias negara lain nan ditentukan oleh Kemdikbudristek.

Persyaratan Khusus

Selain persyaratan umum, terdapat persyaratan unik sesuai dengan kategori pelamar:

  • Pelamar Kebutuhan Umum: Pelamar kudu mempunyai piagam dari perguruan tinggi dalam negeri alias luar negeri nan terakreditasi, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4,00). Persyaratan unik juga bertindak untuk penyandang disabilitas.
  • Pelamar Kebutuhan Khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik: Pelamar kudu berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul, alias lulus dengan predikat "Dengan Pujian" alias "Cumlaude".
  • Pelamar Kebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas: Persyaratan unik bertindak untuk penyandang disabilitas, termasuk persyaratan IPK dan persyaratan unik untuk video nan menunjukkan aktivitas sehari-hari pelamar sesuai dengan kedudukan nan bakal dilamar.
  • Pelamar Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat: Persyaratan unik bertindak untuk pelamar nan merupakan keturunan Papua/Papua Barat.

Berikut Pengumuman Penerimaan CPNS Kemdikbudristek RI Tahun 2023 Format PDF : 

Link Download :

Pengumuman Seleksi CPNS Kemdikbudristek 2023 [lihat/unduh]

Link Pendaftaran : 

  • https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemdikbudristek : 

Link : https://sscasn.bkn.go.id/ [Tanggal 13 s/d 16 Oktober 2023]

Dapatkan Berita dan Artikel mengenai Informasi CPNS lainnya Join di Telegram dan Google News 

Dengan memenuhi semua persyaratan ini, Peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi CPNS Kemdikbudristek tahun 2023. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs resmi Kemdikbudristek.

Lowongankerja15.com

Lowongankerja15.com Lowongankerja15.com Adalah Situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia dan Sudah Berpengalaman Selama 11 Tahun dalam Memberikan Info Loker BUMN, BUMD, CPNS, dan Swasta secara terupdate ke semua Pembacanya

Selengkapnya
Sumber Lokerbumn
Lokerbumn