Rekrutmen CPNS dan PPPK di Kemenag Tahun 2023: Ini Syarat, Formasi, dan Cara Mendaftar!

Sedang Trending 9 bulan yang lalu

 

 Ini Syarat, Formasi, dan Cara Mendaftar!
Info casn kemenag 2023

Kementerian Agama Republik Indonesia adalah salah satu lembaga pemerintahan nan memegang peran krusial dalam menjaga kebinekaan dan keselarasan di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1946, kementerian ini bekerja mengelola urusan kepercayaan dan keagamaan di negara ini.

Kementerian Agama bertanggung jawab dalam mengatur semua urusan kepercayaan nan ada di Indonesia. Ini mencakup pengawasan terhadap tempat ibadah, penyelenggaraan ibadah, dan pengelolaan aset keagamaan.

Kementerian Agama saat ini membuka lowongan kerja CPNS dan PPPK Tahun anggaran 2023. Adapun pengumumannya simak dibawah ini :

Rekrutmen CPNS Kementerian Agama 2023

Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023

Kementerian Agama Republik Indonesia pada Tahun Anggaran 2023 mengumumkan penyelenggaraan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam tulisan ini, bakal diberikan pedoman komplit mengenai rekrutmen CPNS Kementerian Agama Tahun 2023, termasuk alokasi formasi, kriteria pelamar, dan persyaratan nan kudu dipenuhi.

I. Rincian Alokasi Formasi

Pertama, mari kita telaah pengedaran rincian alokasi susunan nan tersedia di Kementerian Agama pada tahun 2023. Informasi ini mencakup satuan kerja, rincian jabatan, kualifikasi pendidikan, dan jumlah alokasi formasi. Untuk perincian lebih lanjut, silakan merujuk pada lampiran pengumuman resmi.

II. Kriteria Pelamar

Kriteria pelamar CPNS Kementerian Agama Tahun 2023 dibagi menjadi dua kategori:

1. Formasi Umum

Formasi Umum adalah bagi pelamar lulusan perguruan tinggi nan memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana tercantum dalam pengumuman resmi. Untuk susunan ini, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan nan berlaku.

2. Formasi Khusus - Putra/Putri Lulusan Terbaik

Bagi pelamar nan mau mendaftar dalam kategori Formasi Khusus - Putra/Putri Lulusan Terbaik, ada beberapa persyaratan tambahan:

  • Lulusan dari perguruan tinggi dalam alias luar negeri dengan predikat kelulusan "dengan pujian" alias cumlaude.
  • Memiliki jenjang pendidikan paling rendah Strata Dua (S-2/Magister).
  • Lulus dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul.
  • Program Studi nan diambil juga kudu terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

III. Persyaratan

Untuk menjadi calon CPNS di Kementerian Agama, Pelamar kudu memenuhi persyaratan berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memenuhi pemisah usia nan ditetapkan, ialah paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun untuk susunan Dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Dua (S-2/Magister), alias paling tinggi 40 tahun untuk susunan Dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor) pada saat melamar.
  • Tidak mempunyai catatan pidana dengan pidana penjara selama 2 tahun alias lebih berasas putusan pengadilan nan telah berkekuatan norma tetap.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri alias tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, alias diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berdomisili sebagai Calon PNS, PNS, Calon PPPK, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, alias Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi personil alias pengurus partai politik alias terlibat dalam politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan nan sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia alias negara lain nan ditentukan.
  • Mematuhi semua ketentuan peraturan perundang-undangan di lingkungan Kementerian Agama.

Rekrutmen CPPPK Kementerian Agama 2023

Kementerian Agama Republik Indonesia, dalam rangka mendukung peningkatan jasa publik, membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia nan berkualifikasi untuk berasosiasi dalam program Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) pada tahun anggaran 2023. Dalam tulisan ini, kami bakal memberikan info krusial mengenai proses rekrutmen ini, persyaratan umum, dan kriteria pelamar.

Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) adalah program pemerintah nan bermaksud untuk memperkuat aparatur sipil negara. Dengan berasosiasi dalam program ini, Anda bakal mempunyai kesempatan untuk menjadi bagian dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Persyaratan Umum:

Untuk dapat mengikuti seleksi CPPPK Kementerian Agama, calon pelamar kudu memenuhi persyaratan umum berikut:

  • Hanya Warga Negara Indonesia nan memenuhi syarat nan dapat mengusulkan permohonan.
  • Calon pelamar kudu berumur paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum mencapai pemisah usia pensiun pada kedudukan nan bakal dilamar sesuai dengan peraturan perundang-undangan nan berlaku.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berasas putusan pengadilan nan sudah mempunyai kekuatan norma tetap, lantaran melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun alias lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri alias tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, alias diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta (termasuk pegawai Badan Usaha Milik Negara alias Badan Usaha Milik Daerah).
  • Tidak menjadi personil alias pengurus partai politik alias terlibat dalam politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan kedudukan nan dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia alias negara lain nan ditentukan.
  • Untuk kedudukan dosen, wajib mempunyai pengalaman sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi paling singkat 2 tahun untuk jenjang asisten mahir kualifikasi pendidikan Strata Dua (S-2/Magister), dan 3 tahun untuk jenjang lektor kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor).
  • Untuk kedudukan fungsional selain dosen, wajib mempunyai pengalaman di bagian kerja nan relevan dengan jabatannya paling singkat 2 tahun untuk jenjang terampil dan mahir pertama.
  • Mematuhi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan di lingkungan Kementerian Agama.

Kriteria Pelamar:

Dalam proses seleksi CPPPK Kementerian Agama, terdapat dua kriteria pelamar, yaitu:

Pelamar Umum: Pelamar umum adalah pelamar nan tidak termasuk dalam kriteria pelamar khusus.

Pelamar Khusus: Pelamar unik terdiri dari dua kategori:

  • Pelamar Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II): Mereka nan terdaftar dalam pangkalan info (database) eks THK-II pada BKN dan melamar pada Instansi Pemerintah tempat bekerja saat mendaftar.
  • Pelamar Tenaga Non Aparatur Sipil Negara: Mereka nan melamar pada Instansi Pemerintah tempat bekerja saat mendaftar dan mempunyai pengalaman kerja paling sedikit 2 tahun secara terus-menerus pada Instansi Pemerintah nan dilamar.

Demikianlah pedoman komplit mengenai rekrutmen CPNS dan PPPK di Kementerian Agama Tahun 2023. Pastikan Peserta memeriksa pengumuman resmi dan persyaratan terbaru sebelum mengusulkan lamaran. Sukses dalam proses seleksi!

Pengumuman Seleksi CPNS Kementerian Agama 2023 Versi Pdf:

Pengumuman Seleksi CPPPK Kementerian Agama 2023 Versi Pdf:

Link Download : 

  • Pengumuman Seleksi CPNS Kementerian Agama [lihat/unduh]
  • Pengumuman Seleksi CPPPK Kementerian Agama [lihat/unduh]

Link Pendaftaran:

  • https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun
Selengkapnya
Sumber Lokerbumn
Lokerbumn