Lowongan Kerja Kementerian Sekretariat Negara RI Agustus 2023 : Posisi Tenaga Ahli

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Lowongankerja15.com - Lowongan Kerja Kementerian Sekretariat Negara RI Agustus 2023 : Posisi Tenaga Ahli

 Posisi Tenaga Ahli

Halo semua, kita punya berita baik untuk Anda nan sedang mencari pekerjaan! Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia sedang membuka lowongan untuk posisi Tenaga Ahli. Dalam tulisan ini, kami bakal membahas secara mendalam tentang lowongan ini dan tugas-tugas krusial nan terkait. Mari kita mulai!

Mengenal Apa itu Kementerian Sekretariat Negara RI

Kementerian Sekretariat Negara RI adalah lembaga pemerintah nan mempunyai peran krusial dalam menyelenggarakan support teknis, administrasi, serta kajian urusan pemerintahan di bagian kesekretariatan negara. Tujuan utamanya adalah untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Apa nan Dibutuhkan dalam Posisi Tenaga Ahli?

Bagi Anda nan tertarik melamar sebagai Tenaga Ahli di Kementerian Sekretariat Negara, berikut beberapa kualifikasi nan kudu dipenuhi:

  • Pengalaman dan Keterampilan: Pengalaman di bagian kesekretariatan alias manajemen serta keahlian analitis sangat dihargai.
  • Pendidikan: Latar belakang pendidikan nan relevan dengan bagian tugas adalah syarat wajib.Kemampuan Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi dengan baik dan efektif, baik lisan maupun tulisan, sangat dibutuhkan.
  • Ketelitian dan Ketepatan: Tenaga Ahli kudu jeli dan tepat dalam menangani urusan pemerintahan nan penting.

Mengapa Bergabung dengan Kementerian Sekretariat Negara RI?

Tentu saja, Anda mungkin bertanya-tanya apa untung berasosiasi dengan Kementerian Sekretariat Negara. Nah, berikut beberapa argumen kenapa lowongan ini menarik:

  • Kontribusi untuk Negara: Bergabung dengan Kementerian Sekretariat Negara berfaedah Anda bakal berkontribusi langsung untuk kemajuan negara.
  • Pengalaman Berharga: Peluang untuk mendapatkan pengalaman berbobot di bagian kesekretariatan dan manajemen pemerintahan.
  • Jaringan Luas: Peluang untuk menjalin jaringan dengan beragam pemangku kepentingan pemerintahan.
  • Lingkungan Kerja nan Mendukung: Kementerian Sekretariat Negara menciptakan lingkungan kerja nan mendukung dan kolaboratif bagi karyawan.

Untuk mendukung penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, Kedeputian Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Sekretariat Wakil Presiden memerlukan Tenaga Ahli sebagai berikut.

Posisi :

  1. Senior Advisor (1 Orang)
  2. Monitoring Analyst (Quantitative (1 Orang)
  3. Evaluation Specialist (1 Orang)
  4. Public Health Specialist (1 Orang)
  5. Gender and Social Inclusion Specialist (1 Orang)
  6. Complain Handling (1 Orang) 

Upaya percepatan penurunan stunting nan dilaksanakan Pemerintah sejak tahun 2018 melalui peluncuran Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting oleh Wakil Presiden telah menunjukkan terjadinya kecenderungan penurunan nomor prevalensi stunting. Pada tahun 2021, Presiden menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting sebagai referensi berbareng untuk lebih memperkuat upaya percepatan penurunan nomor prevalensi stunting. Perpres ini memperkuat kerangka intervensi nan kudu dilakukan serta kelembagaannya.

Program-program aktivitas intervensi dilaksanakan berasas lima pilar utama sebagaimana dituangkan dalam Perpres Nomor 72 ialah untuk meingkatkan komitmen kepemimpinan, komunikasi perubahan perilaku, konvergensi program aktivitas intervensi spesifik dan intervensi sensitif, peningkatan ketahanan pangan dan gizi, dan penguatan sistem, informasi, data, dan inovasi.

Untuk mendukung penyelenggaraan Program Percepatan Penurunan Stunting, disiapkan sebuah kerangka referensi kerja nan mencakup area kunci support teknis nan diperlukan dan menjadi dasar bagi diperlukannya pengadaan Tenaga Ahli nan bakal dikontrak untuk melakukan pendampingan dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Secara umum tujuan dikontraknya Tim Tenaga Ahli pendukung aktivitas percepatan penurunan stunting adalah untuk membantu memberikan support kebijakan dan strategi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting.

Lingkup Pekerjaan

1. Perencanaan dan Analisis Pelaksanaan Program

Tim Tenaga Ahli bertanggungjawab untuk mendukung persiapan, mengkaji perencanaan, kerangka kebijakan, kreasi pelaksanaan, membantu proses kajian dan merekomendasikan strategi untuk mengatasi beragam permasalahan. Rangkaian aktivitas ini dilakukan melalui koordinasi lintas sektoral dan kerja sama dengan beragam pemangku kepentingan.

2. Supervisi dan Monitoring

Tim Tenaga Ahli bertanggung jawab melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan program. Hasil monitoring bakal diolah dan dianalisis serta dijadikan salah satu bahan evaluasi. Selain itu, Tim Tenaga Ahli juga melakukan supervisi kepada para pelaksana program di pusat dan daerah.

3. Manajemen Informasi dan Data

Tim Tenaga Ahli berkedudukan dalam memastikan kesiapan dan melakukan pengelolaan info dan info nan berfaedah untuk menilai perkembangan penyelenggaraan program, mengidentifikasi permasalahan, dan referensi pengambilan kebijakan. Informasi dan info diperbarui secara berkala dan dapat diakses dengan mudah oleh beragam pihak.

4. Peningkatan Kapasitas

Tim Tenaga Ahli memberikan support dalam peningkatan kapabilitas bagi para pelaksana program di kalangan pemerintah dan non-pemerintah. Dukungan diberikan dalam corak pedoman umum peningkatan kapasitas, penyelenggaraan aktivitas pengembangan kapasitas, seperti pelatihan, seminar, lokakarya, dan aktivitas serupa lainnya.

Persyaratan :

Senior Advisor (1 Orang)

  1. 1) Mempunyai pendidikan S3 pada bagian Studi Pembangunan/Kebijakan Publik/Kedokteran/Gizi/ Kesehatan Masyarakat/Administrasi Publik alias bagian lain nan relevan.
  2. 2) Mempunyai pengalaman kerja minimal 15 tahun melakukan penelitian dalam bagian kesehatan.
  3. 3) Mempunyai pengalaman dalam publikasi hasil kajian di jurnal internasional mengenai isu-isu kesehatan masyarakat.
  4. 4) Mempunyai pengalaman ahli memimpin tim kerja dalam skala besar, alias berada di posisi manajemen senior minimal 5 tahun.
  5. 5) Mempunyai kepakaran dan pengalaman mengelola program/kegiatan pada sektor kesehatan dan gizi, terutama rumor stunting.
  6. 6) Mempunyai keahlian berkomunikasi, membangun kapabilitas dan kerjasama kerja, serta mempunyai jejaring kerja nan luas pada Kementerian dan Lembaga Pemerintah, CSO, swasta, mitra pembangunan, dan pemangku kepentingan mengenai lainnya.
  7. 7) Pada saat wawancara diharapkan dapat menyampaikan hasil karya tulis secara sendiri alias bersama, dan keahlian berkata Inggris setara dengan

Monitoring Analyst (Quantitative (1 Orang)

  1. 1) Mempunyai pendidikan S1/S2/S3 pada bagian Statistik/Akutansi/Kesehatan Masyarakat, alias bagian lain nan relevan.
  2. 2) Mempunyai pengalaman kerja ahli minimal 8 tahun dalam bagian pemantauan dan kajian data.
  3. 3) Mempunyai pengalaman bekerja sama dengan beragam pemangku kepentingan pada Kementerian/Lembaga, khususnya mengenai dengan rumor stunting.
  4. 4) Mampu mengoperasikan perangkat lunak kajian statistik, khususnya STATA; mengolah, menganalisis, dan menampilkan data/informasi statistik; modeling ekonomi dan teknik ekonometri.
  5. 5) Memiliki pengetahuan nan baik tentang beragam sumber info mengenai gizi dan kesehatan, serta intervensi terhadap rumor stunting.
  6. 6) Mampu membikin laporan kajian tertulis dan menyusun penyajian dalam presentasi dengan kualitas nan baik.
  7. 7) Mempunyai keahlian teknis menyusun perencanaan program/kegiatan, penyelesaian pelaporan, dan kerangka pemantauan dan evaluasi.
  8. 8) Pada saat wawancara diharapkan dapat menyampaikan hasil karya tulis secara sendiri alias bersama, dan keahlian berkata Inggris setara dengan nilai TOEFL 530/IELTS overall score 6,0.

Evaluation Specialist (1 Orang)

  1. 1) Mempunyai pendidikan S2/S3 pada bagian Statistik/Ilmu Ekonomi/Kedokteran/Kesehatan Masyarakat, alias bagian lain nan relevan.
  2. 2) Mempunyai pengalaman kerja minimal 8 tahun, khususnya dalam merancang dan melaksanakan survei/penelitian empiris di bagian kesehatan/kemiskinan/ support sosial minimal 5 tahun.
  3. 3) Mampu mengoperasikan perangkat lunak kajian statistik, mengolah, menganalisis, dan menampilkan data/informasi statistik; modeling ekonomi dan teknik ekonometri.
  4. 4) Memiliki keahlian untuk menelaah, menganalisis, membikin rekomendasi, dan menyajikan info hasil kajian alias penelitian serta hasil pemantauan dan evaluasi.
  5. 5) Mampu menyusun laporan pertimbangan secara tertulis dan menyusun presentasi dengan kualitas baik.
  6. 6) Memiliki pengetahuan nan baik tentang beragam sumber info mengenai gizi dan kesehatan, serta intervensi terhadap rumor stunting.
  7. 7) Memiliki jejaring kerja nan luas di lingkup Kementerian/Lembaga, maupun pihak swasta alias mitra pembangunan lainnya.
  8. 8) Mempunyai keahlian teknis menyusun perencanaan program/kegiatan, penyelesaian pelaporan, dan kerangka pemantauan dan evaluasi.
  9. 9) Mempunyai keahlian advokasi, membangun kapabilitas dan kerjasama kerja, serta mempunyai jejaring kerja nan luas pada Kementerian dan Lembaga Pemerintah, CSO, swasta, mitra pembangunan, dan pemangku kepentingan mengenai lainnya.
  10. 10) Pada saat wawancara diharapkan dapat menyampaikan hasil karya tulis secara sendiri alias bersama, dan keahlian berkata Inggris setara dengan nilai TOEFL 530/IELTS overall score 6,0.

Public Health Specialist (1 Orang)

  1. 1) Mempunyai pendidikan S2/S3 pada bagian Studi Kedokteran/Kesehatan Masyarakat/Gizi, alias bagian lain nan relevan.
  2. 2) Mempunyai pengalaman kerja ahli minimal 8 tahun dalam bagian kesehatan masyarakat, diutamakan nan mengenai dengan pilar 2, 3, dan 4 pada Perpres 72/2021.
  3. 3) Mempunyai pengalaman mengoordinasikan program/kegiatan antar Kementerian dan Lembaga dan mitra non-Pemerintah, diutamakan Kementerian Kesehatan, BKKBN, Kementerian PPPA, dan Kementerian Agama.
  4. 4) Mempunyai keahlian teknis menyusun perencanaan program/kegiatan, penyelesaian pelaporan, dan kerangka pemantauan dan evaluasi.
  5. 5) Mempunyai keahlian advokasi, membangun kapabilitas dan kerjasama kerja, serta mempunyai jejaring kerja nan luas pada Kementerian dan Lembaga Pemerintah, CSO, swasta, mitra pembangunan, dan pemangku kepentingan terkaitlainnya.
  6. 6) Pada saat wawancara diharapkan dapat menyampaikan hasil karya tulis secara sendiri alias bersama, dan keahlian berkata Inggris setara dengan nilai TOEFL 530/IELTS overall score 6,0.

Gender and Social Inclusion Specialist (1 Orang)

  1. 1) Mempunyai pendidikan S2/S3 pada bagian Studi Pembangunan/Hukum/Kesehatan Masyarakat/ Antropologi/Sosial alias bagian lain nan relevan.
  2. 2) Mempunyai pengalaman kerja minimal 8 tahun, khususnya dalam bagian kelamin minimal 5 tahun.
  3. 3) Mempunyai pengetahuan nan baik tentang konsep dan penyelenggaraan kesetaraan kelamin di Indonesia, serta beragam sumber info mengenai gizi dan kesehatan, dan intervensi terhadap rumor stunting dalam konteks kelamin dan social inclusion.
  4. 4) Mampu menyusun dan menyampaikan presentasi, menuliskan paper dan laporan evaluasi, serta menjelaskan aspek teknis kepada publik.
  5. 5) Pada saat wawancara diharapkan dapat menyampaikan hasil karya tulis secara sendiri alias bersama, dan keahlian berkata Inggris setara dengan nilai TOEFL 530/IELTS overall score 6,0.

Complain Handling (1 Orang) 

  1. 1) Mempunyai pendidikan S1 diutamakan bidang/jurusan pengetahuan hukum.
  2. 2) Mempunyai pengalaman kerja minimal 8 tahun, terutama dalam penanganan kejuaraan masyarakat. Mempunyai pengalaman menyusun laporan tertulis mengenai penanganan kejuaraan masyarakat.
  3. 3) Pada saat wawancara diharapkan dapat menyampaikan hasil karya tulis secara sendiri alias bersama, dan keahlian berkata Inggris setara dengan nilai TOEFL 530/IELTS overall score 6,0.

Kelompok kerja Pemilihan UKPBJ Sekretariat Wakil Presiden bakal melaksanakan seleksi Tenaga Ahli tersebut. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai rincian pekerjaan (job description) masing-masing posisi nan ditawarkan, dapat menghubungi Sekretariat UKPBJ Sekretariat Wakil Presiden, melalui Whatsapp (WA) +62812-1400-2443 (Pokmil) alias +62 812- 1837-3800 a.n Sdr. Rahmat Saleh Akbar.

Keterangan lebih lanjut mengenai rincian pekerjaan (job description) dan persyaratan

untuk masing-masing posisi dapat dilihat dan diunduh pada https://www.wapresri.go.id atau

https://www.stunting.go.id.

Penting : Silakan Gabung di Channel Telegram kita, agar tidak ketinggalan info lowongan kerja setiap harinya disini : https://t.me/lokercpnsbumn

Para calon diharapkan mengirimkan surat lamaran, CV, salinan piagam terakhir, salinan NPWP,

salinan perjanjian tertinggi untuk pekerjaan sejenis, salinan bukti surat setor pajak tahunan, surat

keterangan sehat jasmani rohani, dan salinan arsip referensi ke alamat: UKPBJ Setwapres

Jl. Kebon Sirih No.14 Jakarta Pusat 10110 alias email: ukpbj@set.wapresri.go.id selambatnya tanggal 6 Agustus 2023 (Hardcopy Pukul 14.00 WIB).

Selengkapnya
Sumber Lokerbumn
Lokerbumn