Lowongan Kerja Ibu Kota Nusantara (IKN) Tahun 2023, Cek Posisi dan Persyaratannya

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan ibu kota masa depan Indonesia nan dijadwalkan bakal diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2024, bertepatan dengan seremoni Hari Kemerdekaan. Kota ini direncanakan untuk menggantikan Jakarta, nan telah menjadi ibu kota negara sejak tahun 1945.

Dalam rangka mengisi posisi Jabatan Kepala Biro/Direktur di lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara, Otorita Ibu Kota Nusantara bakal menyelenggarakan seleksi terbuka dan memberikan lowongan kerja terbaru kepada putra-putri terbaik bangsa dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menjadi bagian dalam sejarah pembangunan Ibu Kota Negara. 

Bagi para calon pelamar, putra-putri terbaik bangsa dari kalangan PNS dapat mempersiapkan diri dengan baik. Kesempatan ini merupakan momen berhistoris bagi putra-putri terbaik bangsa untuk berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Negara baru. Dengan mengisi posisi kedudukan nan strategis, para pelamar bakal berkedudukan krusial dalam pengembangan sumber daya manusia, hubungan masyarakat, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pengembangan ekosistem digital, pengolahan data, kepintaran buatan, serta sarana prasarana sosial di Ibu Kota Nusantara.

Sebagai generasi penerus, para calon pelamar diharapkan mempunyai dedikasi, komitmen, dan keahlian nan tinggi untuk membantu mewujudkan visi dan misi Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, dan kehidupan masyarakat nan modern dan berkelanjutan.

A. JABATAN KEPALA BIRO/DIREKTUR

1) Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat

2) Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif

3) Direktur Pengembangan Ekosistem Digital

4) Direktur Data dan Kecerdasan Buatan

5) Direktur Sarana Prasarana Sosial

B. PERSYARATAN

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana (S1) alias diploma (IV) dan diutamakan pelamar dengan latar belakang pendidikan pascasarjana (S2).
  3. Diutamakan bagi nan telah lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II
  4. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan nan ditetapkan.
  5. Memiliki pengalaman kedudukan dalam bagian tugas nan mengenai dengan kedudukan nan bakal diduduki secara kumulatif paling singkat 5 (lima) tahun.
  6. Pelamar adalah Pejabat nan sedang alias pernah menduduki Jabatan pengurus alias Jabatan fungsional jenjang mahir madya paling singkat 2 (dua) tahun alias Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.
  7. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas nan baik.
  8. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pendaftaran.
  9. Sehat jasmani dan rohani.
  10. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian alias Pejabat Pimpinan Tinggi Madya nan bertanggung jawab di bagian manajemen kepegawaian.
  11. Tidak pernah dijatuhi balasan disiplin tingkat sedang dan/atau berat dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, serta tidak sedang menjalani balasan disiplin/tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  12. Telah menyerahkan SPT tahunan dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  13. Penilaian Prestasi Kerja paling kurang berbobot baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  14. Memiliki pangkat paling rendah Pembina Tingkat I (IV/b).
  15. Pelamar Perempuan dianjurkan untuk mendaftar.
  16. Pelamar hanya diperkenankan untuk melamar satu posisi jabatan.

C. WAKTU DAN TATA CARA PENDAFTARAN

1. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui email sebagaimana terlampir sesuai dengan kedudukan nan bakal dilamar mulai tanggal 5 Juni 2023 dan ditutup pada tanggal 23 Juni 2023 paling lambat jam 23.59 WIB. Masing-masing lamaran dikirimkan pada alamat email sesuai dengan kedudukan nan dituju, sebagai berikut :

a. Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat

Alamat email : rek.sdmhumas@ikn.go.id

b. Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif

Alamat email : rek.kebparenkraf@ikn.go.id

c. Direktur Pengembangan Ekosistem Digital

Alamat email : rek.pedigital@ikn.go.id

d. Direktur Data dan Kecerdasan Buatan

Alamat email : rek.datakb@ikn.go.id

e. Direktur Sarana Prasarana Sosial

Alamat email : rek.spsosial@ikn.go.id

2. Seluruh berkas lamaran dikirim dalam format PDF (kecuali untuk foto dalam format jpg/jpeg) dan

hasil scan file tersebut berkapasitas maksimal 10 MB untuk keseluruhan file.

3. Pelamar melampirkan arsip sebagai berikut:

a. Bukti Pendaftaran nan telah diisi dan ditandatangani oleh pelamar sebagaimana format dalam Lampiran 1.

b. Surat Lamaran nan ditandatangani oleh pelamar diatas meterai Rp10.000,-sebagaimana format dalam Lampiran 2.

c. Daftar Riwayat Hidup nan ditandatangani oleh pelamar diatas meterai Rp10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 3.

d. Pas foto terbaru latar belakang merah dengan kapabilitas file 500 Kb.

e. asli/legalisir petikan keputusan pengangkatan dalam kedudukan terakhir.

f. asli/legalisir petikan keputusan pengangkatan dalam pangkat terakhir.

g. asli/legalisir petikan penilaian prestasi kerja dua tahun terakhir (tahun 2022 dan 2021).

h. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian alias Pejabat Pimpinan Tinggi Madya nan bertanggung jawab di bagian manajemen kepegawaian untuk mengikuti Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Kepala Biro/Direktur di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara sebagaimana format dalam Lampiran 4.

i. Surat keterangan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara dan dijatuhi balasan disiplin nan ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian alias Pejabat Pimpinan Tinggi Madya nan bertanggung jawab di bagian manajemen kepegawaian dan diatas meterai Rp10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 5.

j. Surat pernyataan bersedia bekerja secara penuh waktu sebagai Kepala Biro/Direktur nan ditandatangani di atas meterai Rp10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 6.

k. Surat pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan Otorita Ibukota Nusantara nan ditandatangani di atas meterai Rp10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 7.

l. asli/legalisir piagam nan dipersyaratkan.

m. Kartu NPWP.

n. Kartu Tanda Penduduk.

o. Tanda bukti penyerahan laporan SPT tahunan Tahun 2022 dan 2021.

p. Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter Pemerintah alias Rumah Sakit Pemerintah, nan terdiri atas:

• Surat keterangan sehat jasmani dari master umum dan psikologis dari master jiwa/psikiater 1 (satu) bulan terakhir ; dan

• Surat Keterangan Bebas Narkoba dengan hasil laboratorium 1 (satu) bulan terakhir.

n. Surat Keterangan Catatan Kepolisian nan tetap berlaku.

4. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka bakal disampaikan melalui www.ikn.go.id sehingga pelamar seleksi terbuka diharapkan aktif mengakses situs dimaksud.

D. TAHAPAN SELEKSI

1. Pengumuman 5 s.d. 23 Juni 2023

2. Pendaftaran Secara Elektronik 5 s.d. 23 Juni 2023

3. Pemeriksaan dan Seleksi Administrasi 5 s.d. 28 Juni 2023

4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 3 Juli 2023

5. Seleksi Penulisan Makalah 5 Juli 2023

6. Pengumuman Hasil Penulisan Makalah 11 Juli 2023

7. Uji Kompetensi 13 s.d. 14 Juli 2023

8. Pengumuman Hasil Uji Kompetensi 21 Juli 2023

9. Wawancara Akhir 25 s.d. 26 Juli 2023

10. Pengumuman Hasil Akhir Seleksi 31 Juli 2023

Catatan: agenda dapat berubah sewaktu-waktu

Selengkapnya
Sumber Lokerbumn
Lokerbumn